Profil Desa Manggaan

Desa : Mangga’an
Kecamatan : Modung
Kabupaten : Bangkalan
Provinsi : Jawa Timur
Kode Pos : 69166




Secara geografis kecamatan modung terletak di sebelah selatan kecamatan galis dan berbatasan langsung dengan kabupaten sampang. Kecamatan ini terdiri dari 17 desa diantaranya yaitu desa Alaskokon, desa pakong, desa Glasgis, Desa Karanganyar, Desa Mangga’an, Desa Brakasdaja, desa karanganyar, Desa Modung, Desa Suwaan, Desa Langpanggang, Desa Patengteng, Desa Serabi Barat, Desa Pangpajuh, Desa Patereman, Desa Serabi Timur, Desa Neroh, Desa Paeng, Dan Desa Kolla.

Desa Manggaan sendiri berbatasan dengan desa pakong dan desa gligis disebelah barat, desa karanganyar di sebelah selatan, dan kecamatan galis di sebelah timur dan utara. Desa manggaan termasuk dataran tinggi. Desa manggaan mempunyai enam dusun diantaranya Dusun Tangginah, Dusun kobengan, dusun ru’buru, dusun dagon bengkon, dusun sumber kara dan dusun sajengan. Kata Mangga’an di ambil dari nama kampung yang berada di dusun Tangginah, asal-usul kata Manggaan sendiri karena banyaknya pohon mangga di kampung Manggaan. Untuk warga Desa manggaan sendiri terdiri dari 2.500 jiwa.
Saat ini (data tahun 2018) pemerintahan di desa Mangga’an di pimpin oleh bapak Marsyaid yang menjabat sebagai klebun (kepala desa), yang baru menjabat setelah memenangkan pemilihan umum kepala desa Mangga’an ditahun 2016. Selain organisasi pemerintahan desa Manggaan memiliki berbagai macam organisasi masyarakat  seperti, Bumdes dan kelompok tani.
Dari aspek pendidikan belum bisa dikatakan sebagai desa yang maju karena terlihat dari tidak adanya fasilitas yang memadai seperti pendidikan dimana masyarakat kurang berminat dalam menempu pendidikan hanya terdapat 2 sekolah dasar yaitu SDN Manggaan dan SD terbuka dan 1 SMP terbuka.
Dari segi infrastruktur desa mangga’an sudah terdapat balai desa namun tidak terdapat papan informasi atau pengumuman sebagai media informasi masyarakat. Namun terdapat fasilitas umum yang telah dimiliki oleh desa seperti Masjid dan sekolah.
Untuk potensi sumber daya alam dan hasil pertanian/ perkebunan di desa manggaan berupa Jagung, kacang, cabai dan nangka sedangkan peternakannya berupa sapi, kambing dan ayam. Sumber daya alam yang tersedia adalah lahan pertanian. Warga desa manggaan selalu menyimpan hasil komoditinya untuk dikonsumsi sendiri dan hanya dijual jika ada kelebihan persediaan makanan. Kesenian yang mendominasi di desa manggaan adalah hadrah atau al banjari.




Komentar