Pelaksanaan Proker Utama Perontok Jagung dan Susu Jagung






Program kerja utama peserta KKN 61 adalah membuat alat perontok jagung dan susu jagung. Peserta KKN 61 memberikan sosialisasi dan demonstrasi secara langsung kepada warga desa Manggaan mengenai cara pembuatan alat perontok jagung serta cara membuat susu jagung. Perontok jagung dibuat dari pipa dengan sisi-sisinya yang diberi lubang untuk mur/baut. Sehingga biji jagung bisa terlepas dengan mudah. Modal untuk membuat perontok jagung sangat murah sehingga masyarakat yang menghadiri kegiatan kita sangat antusias. Selain murah alat perontok jagung juga mudah dibuat. 



(Gambar Sosialisasi di Dusun Tengginah)
 
Antusias warga Manggaan bukan hanya alat perontok jagung saja, tetapi mereka juga antusias sekali dengan proses pembuatan susu jagung serta rasa dari susu jagung tersebut. Modal untuk membuat susu jagung juga sangat murah dan jika susu jagung itu dijual pedagang akan meraih untung juga. Jadi program kerja ini bertujuan untuk membantu warga memanfaatkan jagung yang dipanen oleh mereka. Karena biasanya jagung yang dipanen oleh warga hanya dijual 2000/kg nya. Sedangkan jika dibuat susu jagung harga jual perbotolnya sampai Rp 5000,-. Dan 1 kg jagung bisa dibuat menjadi 4-5 botol susu jagung. Oleh karena itu bnayak warga yang merasa senang saat mengikuti kegiatan ini. Peserta KKN 61 melakukan kegiatan ini di 3 dusun yang ada di desa Manggaan. Tiga dusun tersebut adalah Dusun Tengginah, Dusun Sumber Kara dan Dusun Sajengan.


(Gambar Sosialisasi di Dusun Sumber Kara)

(Gambar Sosialisasi di Dusun Sajengan)











 
















Terlihat pada gambar diatas, antusias warga terhadap kegiatan ini. Tidak hanya orang tua yang mengikutinya, tetapi anak-anak juga turut hadir dalam acara ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Desa Manggaan